10 Desain Rumah Ala Jepang yang Cocok di Lahan Sempit

Posted by Admin on 8:50 PM in
Keterbatasan luas tanah membuat banyak orang beralih ke rumah minimalis. Meskipun simpel, rumah minimalis tetap akan menawan jika didesain secara profesional. Kepopuleran rumah minimalis sudah merambat ke berbagai negara, salah satunya adalah Jepang. Berikut merupakan 10 desain rumah ala Jepang yang cocok untuk lahan sempit.

10 Desain Rumah ala Jepang

Slice of the City Oleh Alphaville Architects 

Design rumah ini bertujuan untuk menjaga privasi pemilik rumah. Namun, cahaya yang masuk ke ruangan tetap maksimal. Ini dikarenakan adanya void vertikal yang memisahkan blok besar. Void vertikal akan meneruskan cahaya dari luar ke dalam rumah. Rumah yang berlokasi di Nushinomiya ini juga didesain untuk menjaga privasi pemiliknya. Selain itu, Slice of the City juga memiliki tangga sebagai penghubung antara dua blok massa.

Module Grid House, Oleh Tetsuo Yamaji Architects 

Module Grid House merupakan sebuah rumah minimalis Jepang yang terdapat di Kanto. Rumah ini memadukan gaya kontemporer dengan gaya tradisional. Desain rumah ini berorientasi pada sistem metrik tradisional. Tujuannya agar rumah terlihat berbeda dengan rumah Jepang lain di lingkungan sekitarnya. Module Grid House juga memanfaatkan material prefabricated. Ukuran material ini sudah disesuaikan dengan modul rumah. Jadi, metode pembuatannya juga lebih sederhana.

Light Grain oleh Yoshiaki Yamashita Architect & Associates

Rumah Light Grain terletak di Kota Osaka. Rumah ini cocok untuk pasangan muda yang memiliki satu anak. Desain unik rumah ini terlihat pada dindingnya. Dinding dibuat berlubang agar dapat memberikan keseimbangan antara pencahayaan, ventilasi, serta privasi. Cahaya dapat masuk melalui jendela dan dinding tersebut. Dinding berlubang terbuat dari metal yang berlubang-lubang kecil. Dari tampak depan, dinding ini terlihat membuat penampilan rumah semakin menarik.

Rumah di Midorigaoka oleh Tato Architects

Rumah yang memiliki dua lantai ini terlihat paling menonjol diantara bangunan sekitarnya. Gaya simpel pada rumah ini terlihat pada perpaduan garis lurus pada bangunan. Secara keseluruhan, rumah di Midorigaoka ini memberikan kesan kontemporer. Material yang digunakan di setiap ruang juga membuat bagian dalamnya terlihat terang. Selain itu, pencahayaan di rumah ini juga dimanfaatkan dari ketinggian ruangnya.

Hsk House Oleh Architecture Studio no. 555

Hsk House memiliki bentuk geometris yang mirip dengan siluet rumah. Rumah yang ada di Ota-ku, Tokyo ini didesain dengan blok solid. Terdapat dua jendela di sisi berlawanan, yakni sisi depan dan sisi belakang. Rumah yang ada di perbukitan ini juga memiliki balkon yang dibuat keluar. Balkon yang tampak seperti tergantung ini bentuknya mirip seperti sarang burung.

Relation Oleh Tsubasa Iwahashi Arquitectos 

Relation merupakan rumah dua lantai yang bangunannya menggunakan struktur beton. Rumah minimalis ini menggunakan penyusunan interior di bagian dalamnya. Tujuannya ialah untuk membuat lantai lebih. Karena itu, setiap area di rumah memiliki kesan luas yang berbeda-beda. Secara umum, relation membuat rumah lebih luas namun tetap mempertahankan privasi pemilik.

Rumah di Nagoya Oleh Suppose Design Office

Desain rumah ini dibuat mengikuti tren Arsitektur di Jepang. Rumah yang berlokasi di Nagoya ini memiliki pintu tinggi di bagian depan. Sementara itu, terdapat jendela di bagian samping serta taman di dalam rumah. Dengan begitu, rumah ini akan mendapatkan pencahayaan yang lebih baik. Rumah ini juga memiliki pusat titik temu yang menghubungkan ruangan-ruangan di dalamnya.

Gandare House by Ninkipen Architects

Gandare house merupakan salah satu rumah minimalis Jepang di Neyagawa, Osaka. Melalui Gandare House, arsitek bergasil menyelesaikan permasalahan membangun rumah di lahan padat. Rumah ini juga tidak terkesan sempit. Selain itu, rumah ini juga memiliki pencahayaan alami yang banyak. Desain di Gandare House umumnya terbuat dari material kayu dan metal.

Koro House oleh Katsutoshi Sasaki + Associates

Rumah minimalis ini memiliki bentuk dasar hexagonal. Layout Koro house memisahkan antara taman terbuka di luar dengan taman privat. Berbeda dengan rumah pada umumnya, jendela Koro House terletak di area atas. Letak jendela tersebut dapat berperan seperti skylight. Pencahayaan alami dapat masuk dari segala sudut. Tambahan furniture kayu juga membuat rumah lebih nyaman dan terang.

Rumah di Minamimachi 03 Oleh Suppose Design Office

Rumah yang terletak di Minamimachi ini memiliki kulit bangunan dari beton. Bentuk kotak masifnya memberikan kesan yang gelap dan kaku. Namun, bila masuk ke dalamnya, kesan tersebut akan menghilang. Bagian dalam rumah memiliki pencahayaan yang baik di seluruh ruangannya.