8 Cara Merawat Anak Kucing Maine Coon yang Terkenal sangat Agresif

Posted by Admin on 7:35 AM in
Kucing ras Maine Coon memang terkenal sangat agresif. Jadi harap simpan rapat-rapat kalau punya barang-barang berharga, ya. Jangan sampai ketahuan oleh dia. Nanti dipakai untuk main-main kan repot. Nah, mungkin adan yang bertanya, “Bagaimana cara merawat anak kucing Maine Coon di rumah?” Sebetulnya mudah saja asalkan Anda mengikuti tips ini.

Anak Kucing Maine Coon

1. Makanan Terbaik untuk Kucing Maine Coon

Beda dengan kucing lainnya, Maine Coon cenderung menyukai air. Tapi dalam hal memberi makanan mungkin sedikit tidak mudah. Pasalnya, ia hanya makan makanan dari bahan organik atau makanan buatan rumah dengan bahan pilihan. Pastikan selalu menggunakan air segar ketika ingin memberinya minum. Dia tidak suka air keruh.

2. Jaga Aktivitas Harian Dia

Gara-gara agresivitas kucing Maine Coon ini, para pemilik cenderung menghindari kontak antara karpet dengan dirinya. Sebetulnya agar keterlaluan, ya. Tapi ketimbang karpet rusak parah memang lebih baik dihindarkan saja. Nanti kelucuan dia akan terlihat ketika lagi ngambek.

3. Jaga Kesehatan Gigi dan Kukunya

Waduh, bagaimana caranya itu? Berhubung kucing ini agak agresif, maka pilihlah waktu yang tepat untuk merawat gigi dan kukunya. Ambil waktu ketika dia tidur. Kemudian perlahan-lahan potong kukunya. Kalau untuk urusan sikat gigi, lebih baik lakukan saat Anda mengajaknya mandi. Biar sekalian. Kan dia suka air.

4. Ajak Bermain

Kucing Maine Coon juga terkenal suka bermain. Kucing-kucing pada umumnya suka dengan boneka, tetapi dia bisa lebih dari itu. Dia bisa main-main dengan sobekan kain, main panjat-panjatan, dan banyak aneka permainan yang disukainya. Mainan yang paling dia suka itu kalau punya banyak warna.

5. Perawatan Ketika di Luar Rumah

Cara merawat anak kucing di luar rumah untuk kucing ini tentu beda dengan ras lainnya. Sama seperti manusia, dia juga punya titik jenuh tersendiri. Tanda-tandanya kelihatan kok, yaitu sulit diajak bermain. Maka, ajaklah dia jalan-jalan. Jangan lupa ikat lehernya pakai tali biar tidak kabur.

6. Pahami Kebiasaan Kucing Maine Coon

Dengan memahami kebiasaan kucing ini, diharapkan bisa terjalin hubungan menyenangkan antara dia dengan Anda. Kucing Maine Coon sangat suka dengan futnitur. Maksudnya, suka merusak. Soalnya merusak barang-barang selalu menjadi bagian dari kesenangannya. Kalau di dalam rumah lebih baik memang dimasukkan ke kandang saja.

Tidak seperti kucing lainnya, Maine Coon cenderung terus-terang ketika memakai bahasa tubuhnya. Tapi sifat aslinya sangat cuek. Sifat itu sudah tertanam sejak lahir. Mungkin memang begitulah budaya Maine Coon yang sudah ada turun-temurun. Dengan memahami kebiasaan anak kucing ini, maka Anda akan mudah menjaganya.

7. Bagaimana Kalau Rambutnya Menggumpal?

Rambut menggumpal ini sudah sering dialami para kucing di seluruh dunia. Maka langkah yang harus diambil adalah dengan menyisir setiap beberapa hari sekali. Tidak hanya terjadi untuk kucing berbulu lebat. Anak kucing berbulu pendek pun terkena problematika ini. Jangan ragu. Sisirlah ketika dia berada dalam keadaan santai atau mengantuk.

8. Bagaimana Kalau Ada Bayi di Rumah?

Jangan khawatir. Anak kucing Maine Coon punya sisi uniknya sendiri. Khususnya dengan bayi atau anak kecil Anda, dia tidak akan sembrono. Mungkin karena sifat dasarnya memang kekanak-kanakan. Meskipun kucing Maine Coon sudah besar pun dia tetap ramah dengan anak kecil dan bayi. Bahkan mereka bisa jadi sahabat sejati kalau ngumpul lama-lama.

Segudang keunikan anak kucing Maine Coon akan bertahan hingga dewasa kalau Anda betul-betul menerapkan cara merawat anak kucing seperti di atas. Kucing ras ini terkenal dengan bobotnya yang luar biasa berat. Jadi Anda tidak akan menyesal ketika membeli kucing ini. Bukankah orang-orang suka sesuatu yang berbobot, berbebet, dan berbibit bagus?