Ini 9 Hal yang Menyebabkan Klaim Asuransi Mobil Anda Ditolak

Posted by Admin on 5:05 PM in
Asuransi kendaraan memang bisa menjadi pilihan untuk membantu meringankan beban apabila kendaraan bermotor Anda terlebih mobil mengalami masalah seperti kecelakaan. Lalu, bagaimana jika klaim asuransi mobil Anda ditolak? Padahal seingat Anda sudah melakukan prosedur yang benar.
Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim asuransi kendaraan Anda ditolak meskipun Anda telah melakukan prosedur yang benar seperti melaporkan perkaranya. Seperti yang diulas di bawah ini.

Klaim Asuransi Mobil

1. Batas Waktu

Penyebab klaim asuransi mobil ditolak yang pertama adalah batas waktu. Di Garda Oto, disediakan batas waktu maksimal 5 hari semenjak kecelakaan atau kehilangan terjadi. Lewat dari itu, klaim asuransi kendaraan Anda tidak akan diproses. Maka, sebaiknya urus klaim kendaraan Anda secepatnya sebelum batas waktu habis, ya!

2. Dokumen yang Tidak Lengkap

Penyebab berikutnya adalah dokumen yang tidak lengkap. Jika Anda ingin mengajukan klaim, semua dokumen seperti fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK serta formulir pengajuan klaim dan surat keterangan dari kepolisian haruslah lengkap. Jika ada yang kurang, klaim Anda juga tidak akan diproses.

3. Pengemudi Melakukan Pelanggaran Hukum

Alasan lainnya adalah karena pemegang polis melakukan tindak pelanggaran hukum. Misalnya bila Anda memiliki asuranji jenis comprehensive kemudian mobilnya kecelakaan karena melanggar lalu lintas dan ugal-ugalan di jalanan serta mabuk, maka Anda tak akan bisa melakukan klaim atas asuransi kendaraan Anda.

4. Wilayah Kejadian Tidak Masuk dalam Kontrak

Polis asuransi bisa saja memasukkan klausul mengenai wilayah kesepakatan. Jadi, klaim hanya dilayani bila kecelakaan terjadi di daerah sesuai kesepakatan saja. Misal bila Anda mengasuransikan mobil Anda di Indonesia namun kecelakaan yang terjadi di Malaysia, maka klaim Anda juga tak akan dilayani.

5. Tidak Melaporkan Penambahan Aksesori

Setiap penambahan aksesoris mobil harus dilaporkan ke pihak asuransi dan melampirkan nilai pertanggungan aksesori tersebut. Untuk penambahan aksesori ini akan dikenakan rate yang sama seperti kendaraan dan dikalikan dengan nilai aksesori tersebut. Jika tak dilaporkan, kehilangan aksesori ini juga tak akan ditanggung asuransi.

6. Kerusakan Awal sebelum Mobil Diasuransikan

Jika Anda melakukan klaim atas asuransi mobil Anda namun ternyata kerusakan yang ada pada mobil telah terjadi sebelum Anda mengikutkannya pada asuransi, kerusakan ini juga tidak akan ditanggung.

7. Polis Tidak dalam Masa Tunggu

Masa tunggu dalam asuransi adalah periode dimana setelah polis diterbitkan. Bila terjadi kerusakan dalam masa ini, maka tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi. Masa tunggu biasanya selama 1 bulan setelah Anda menandatangi klausul perjanjian.

8. Kerusakan yang Disengaja

Maksudnya adalah kerusakan yang terjadi disengaja oleh pihak tertanggung. Misal Anda sengaja menabrakkan mobil ke mobil lain atau memukul kendaraan hingga penyok. Klaim karena masalah ini sama sekali tak akan dilayani.

9. Polis Tidak Aktif

Polis bisa berada dalam masa tidak aktif karena beberapa sebab dan keadaan. Nah, bila kendaraan Anda mengalami masalah ketika polis Anda tidak aktif, maka kerusakan yang dialami juga tidak akan ditangani pihak asuransi.

Nah, itulah yang menyebabkan klaim asuransi mobil Anda ditolak meskipun Anda sudah melakukan prosedur yang benar. Pilihlah asuransi yang terpercaya untuk mobil Anda seperti Garda Oto dari Astra. Beli asuransi di sini #MakinGampang Klaimnya, Banyak Bonusnya! Anda bisa mendaftar secara online dan mendapatkan banyak hadiah dari Garda Oto