Ini Dia Beberapa Bahan Alami yang Mudah Ditemukan untuk Tangani Alergi Cat Rambut

Posted by Admin on 3:34 PM in ,
Jika umumnya, alergi yang biasanya dialami oleh masyarakat adalah alergi makanan seperti susu, namun, ada juga yang mengalami alergi yang disebabkan karena cat rambut. Cat untuk merubah warna rambut yang banyak ditemukan di toko online. Ada beragam jenis pewarna rambut yang bisa dipilih dan biasanya orang akan mewarnai atau merubah warna rambut karena beragam alasan dan salah satunya adalah ingin berganti suasana. Akan tetapi, kandungan kimia yang ada di pewarna rambut tersebut dapat menyebabkan alergi.

Alergi pewarna rambut bisa terjadi karena kulit yang sensitif yang bersentuhan dengan senyawa asing yang menyebabkan peradangan kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi gatal dan merah. Kandungan bahan kimia yang ada dalam pewarna rambut tersebut, yang umumnya bernama PPD atau parafenil-ediamin, menjadi pemicu alergi atau sebagai allergen dan memancing reaksi imun sehingga alergi muncul.

Cat Rambut

Masing-masing orang memiliki gejala yang berbeda, ada yang ringan dan ada yang bisa menyebabkan kematian. Dalam banyak kasus, tanda alergi pewarna rambut ini akan mulai pada jangka waktu 24 jam setelah rambut diwarnai. Gejala yang paling banyak dialami adalah gatal pada kulit kemudian akan muncul tanda seperti pembentukan jerawat bahkan melepuh.

Reaksi alergi ringan atau dermatitis kulit biasanya akan menunjukkan reaksi alergi 6-72 jam. Selain masalah dermatitis kulit, reaksi alergi cat rambut juga bisa menyebabkan syok anafilaktik. Pada beberapa jenis kasus, alergi atau dermatitis kulit ini tidak hanya menjangkit di area kulit kepala namun juga menyebar hingga ke dahi, leher, wajah, mual dan demam hingga susah untuk menelan makanan dan yang paling parah selain termanifestasi ke pembengkakan mata, bisa juga menyebabkan kematian. Reaksi syok anafilaktik ini adalah bentuk alergi yang serius dan butuh penanganan utama. Gejala yang paling banyak muncul ialah susah bernafas, tekanan darah yang menurun dan kemudian bisa menyebabkan kematian.

Untuk mengatasi reaksi alergi pewarna rambut tersebut ada langkah sederhana dengan menggunakan bahan alami yang banyak ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda. Pertama adalah madu. Dalam sumber makanan yang memiliki rasa yang manis ini memiliki kandungan sebagai antibakteri dan anti peradangan yang berguna untuk meredakan pembengkakan pada kulit kepala dan meredakan iritasi. Anda bisa mengoleskan madu tersebut atau campuran dari 1 sdm madu dan minyak zaitun, campurkan. Oleskan setiap hari di bagian yang mengalami iritasi terutama di bagian kulit kepala yang mengalami gatal hingga gatal tersebut mereda.

Kedua adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang tidak hanya bisa melawan bakteri pada tubuh namun juga mengatasi iritasi kulit. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala, bisa membantu untuk menghilangkan rasa perih yang terasa di kulit kepala yang gatal karena reaksi alergi akibat pewarna rambut misalnya yang dibeli sembarangan saat belanja online. Oleskan 1 sdm minyak kelapa setiap harinya hingga gejala seperti gatal dan perih lenyap.

Ketiga adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tumbuhan ini memiliki beragam khasiat termasuk membantu untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan karena cat rambut yang Anda gunakan sebab lidah buaya mempunyai fiat anti bakteri dan anti peradangan. Caranya adalah dengan ambil sekitar 1 sdm gel lidah buaya dan kemudian sapukan atau oleskan ke bagian kulit kepala yang mengalami peradangan. Diamkan kurang lebih 30 menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat dan ulangi cara tersebut hingga gatal dan iritasi menghilang.