Sepeda Listrik Anda Pasti Akan Sangat Awet dan Tahan Lama Jika Menerapkan Tips Ini!

Posted by Admin on 7:41 PM in
Dewasa ini, masyarakat Indonesia memang lebih menyukai untuk berpergian dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik dalam jarak jauh mau pun untuk berpergian jarak dekat sekali pun. Namun, saat ini ada jenis kendaraan yang juga sering digunakan di Indonesia dan nyatanya sangat ramah lingkungan, tapi juga bisa bergerak dengan cepat juga, kendaraan tersebut adalah sepeda listrik. Sesuai dengan namanya, sepeda ini dapat berjalan dengan bantuan daya dari listrik dan pastinya akan mudah digunakan serta harganya pun lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor yang dijual di situs jual beli online terpercaya atau toko online khusus yang menjual kendaraan tersebut. Jika sudah memilikinya, maka Anda harus merawat jenis sepeda tersebut agar lebih awet dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikannya. Berikut ini adalah tipsnya:

Sepeda Listrik

1. Baterai Jangan Kosong
Ketika sudah memiliki jenis sepeda ini dan terlalu nyaman memakainya, biasanya para penggunanya akan lupa dan juga menyepelekan baterai dari sepeda tersebut. Ada yang karena alasan lupa, malas, mau pun terlalu asik menggunakan sepeda itu hingga baterainya sampai kosong dan habis. Hal ini tentunya tidak boleh dibiasakan jika ingin sepeda yang Anda miliki awet dan tahan lama. Pastikan untuk selalu rajin mengisi baterainya dan isilah sebelum baterainya kosong, akan lebih disarankan mengisi ketika belum mendekati limit habis.

2. Lama Mengisi Baterai
Lamanya pengisian baterai memang dibeda-bedakan oleh kapasitas setiap jenis baterai yang digunakan. Jika Anda tidak mengetahui berapa lama baterai harus diisi, maka akan lebih baik untuk mencari tahu terlebih dahulu di internet atau bertanya pada situs belanja online atau pun toko online yang memberikan pelayanan tanya-jawab bagi pembelinya. Jika waktu pengisian baterai sudah terlalu terlewat batas, maka baterainya pun pasti akan melembung dan akan cepat rusak. Anda pun nantinya dipaksa harus melakukan servis penggantian baterai atau bahkan membeli yang baru.

3. Hindari Tanjakan
Jenis sepeda listrik memang lebih dianjurkan untuk dipakai di perkotaan yang memiliki jalan atau medan yang rata serta datar. Hal tersebut dikarenakan sepeda ini tidak didesain untuk melewati jalan yang menanjak, hanya untuk jalan yang datar saja. Jika Anda ingin menggunakan sepeda tersebut untuk waktu yang cukup lama, maka Anda harus menghindari tanjakan yang mungkin ada di perkotaan seperti Jakarta ini. Anda bisa mencari jalan atau alternatif lain agar sepeda milik Anda tidak akan rusak. Jika terpaksa, pastikan untuk tidak sesering mungkin melewati jalan tersebut.

4. Akselerasi Mendadak Tidak Dianjurkan
Jika Anda menggunakan jenis sepeda bermuatan listrik ini, pastikan untuk tidak membuka gasnya dengan penuh atau maksimal karena hal ini dapat membuat baterainya mengeluarkan energi listrik yang besar dan menuju ke kontroler dan membuat ampernya juga maksimum. Hal ini tentunya akan membuat bagian kontroler menjadi cepat panas dan membuatnya akan cepat rusak. Jika Anda dalam keadaan berhenti, maka Anda bisa mulai menjalankannya pelan-pelan saja, jangan mengegas dengan penuh.

5. Bawa ke Ahli
Jika sudah terlalu lama digunakan, biasanya sepeda listrik akan mengalami beberapa gangguan dan juga masalah. Meski terasa sepele, namun beberapa masalah yang sering dialami dan harus ditangani, seperti baterai yang terasa lebih cepat habis, tidak nyaman digunakan, dan lain sebagainya. Jika merasakan hal tersebut, akan lebih baik untuk membawa ke ahlinya agar masalah tersebut tidak tambah parah dan akhirnya membuat Anda harus merogoh kocek yang terlalu dalam.