Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Posted by Admin on 10:05 PM in
Anda mungkin sudah tak ragu lagi bahwa ada banyak keuntungan yang ditawarkan kartu kredit. Mulai dari kemudahan transaksi, hingga beragam keuntungan lain seperti bonus, diskon, reward dari merchant, hingga cicilan 0 persen yang bisa dimanfaatkan. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan cash back yang nilainya cukup besar. Namun dibalik banyak keuntungan dan juga kelebihan tersebut, ada beberapa hal lain yang rupanya menjadi kerugian penggunaan kartu kredit. Bila Anda tak bisa menggunakannya dengan tepat.

Kartu Kredit

Untuk itu, agar hal tersebut tak terjadi lagi, ada beberapa cara bijak menggunakan kartu kredit yang harus Anda ketahui. Di bawah ini kami akan memberikan daftar sederet hal yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak.

1. Jangan menggesek kartu kredit dengan nominal yang tak Anda miliki

Satu aturan penting untuk bijak menggunakan kartu kredit: perhatikan untuk apa Anda menggesek kartu kredit. Kartu kredit memang memudahkan Anda dalam segala bentuk transaksi. Bahkan pada saat Anda tidak memiliki uang saja tetap bisa melakukan transaksi. Tak boleh seperti itu! Pemikiran inilah yang nantinya menjadikan kartu kredit menjadi sebuah kerugian.

Anda harus memastikan hanya membeli dengan kartu kredit dengan nominal yang Anda miliki. Jadi katakan saja Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit Rp 5 juta. Anda wajib memastikan memiliki nominal tersebut di akun debit Anda. Jadi pada saat Anda harus membayar tagihan kartu kredit, tak akan ada kesulitan.

2. Kartu kredit bukan pengganti uang tunai

Bila Anda memiliki pilihan untuk membayar dengan uang tunai, maka bayarlah dengan uang tunai. Ingat ya, kartu kredit bukan pengganti dari uang tunai. Kartu kredit hanya memudahkan saja ketika Anda tidak mungkin melakukan transaksi dengan uang tunai. Seperti misalnya transaksi online. Hal ini sangat penting karena ada nilai tambahan yang dibebankan pada saat transaksi dengan kartu kredit.

Tambahan ini memang tidak besar. Hanya sekitar 2 hingga 3 persen saja setiap transaksi. Namun sangat lumayan bukan bila Anda melakukan transaksi dengan nilai yang cukup besar? Jadi bila Anda bisa menggunakan uang tunai maka sebaiknya gunakan uang tunai.

3. Gunakan hanya saat mendesak

Bagi banyak orang, sebainya kartu kredit hanya digunakan pada saat mendesak. Keadaan mendesak seperti harus ke rumah sakit dan tak memungkinkan Anda membawa uang tunai, maka kartu kredit bisa digunakan. Minimalisasi penggunaan kartu kredit yang berlebihan dan tidak perlu sebisa mungkin.

Satu hal yang penting diingat untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak ini, dengan mengingat kartu kredit merupakan hutang. Jadi pastikan Anda mampu bertanggung jawab dengan setiap transaksi yang Anda buat dengan kartu kredit.